• MTSN 5 BLTAR
  • Madrasah Mandiri Berprestasi

Profil

MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 BLITAR BERNUANSA ISLAMI DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

Anak merupakan investasi jangka panjang orang tua. Anak yang berbudi luhur dan berakhlakul karimah adalah dambaan setiap orang tua. Seiring dengan perkembangan zaman yang begitu cepat, semakin majunya teknologi tidak dibarengi dengan kemajuan budaya. Dari waktu ke waktu dekadensi moral dan budaya banyak dialami oleh anak, khususnya pada tingkat remaja. Sudah sepatutnya orang tua memberikan ‘benteng’ kepada putra-putrinya berupa ilmu pengetahuan dan agama sebagai landasan bertingkah laku dan bertutur kata, baik di lingkungan rumah maupun masyarakat. Peninggalan terbaik untuk putra-putri kita adalah ilmu pengetahuan yang bermanfaat serta akhlak yang terpuji. Kedua hal tersebut akan terwujud apabila kita mampu mendidik dan menempatkan pada lembaga pendidikan yang tepat.

MTsN 5 Blitar hadir dan memberikan alternatif solusinya. Memasuki gerbang Madrasah Tsanawiyah Negeri Selorejo, mata kita akan dimanjakan dengan dominasi warna hijau. Hijau warna pilihan kami, diharapkan memasuki kawasan madrasah, anak didik akan merasa teduh, tenang, nyaman dalam kegiatan pembelajaran. Jika anak didik nyaman berada di sekolah tentu akan berdampak positif dalam pencapaian prestasi belajar, baik akademik maupun non akademik.

MTsN 5 Blitar, madrasah bernuansa hijau, selalu berupaya mengembangkan diri secara terus-menerus, baik dari sumber daya manusia, yaitu tenaga pendidik yang berkualitas, karyawan yang kompeten, maupun lingkungan yang kondusif. Oleh karena itu, MTsN 5 Blitar berupaya menjaga kerja sama yang baik dengan komite, wali murid, dan masyarakat sekitar untuk menjaga kepercayaan dari masyarakat secara luas.

MTsN 5 Blitar, merupakan salah satu dari sembilan madrasah tsanawiyah negeri di bawah Kementerian Agama Kabupaten Blitar, berada di pintu gerbang paling timur Kabupaten Blitar, beralamat di Jalan Raya Selorejo Kabupaten Blitar. Lokasi yang strategis, mudah dijangkau dengan transportasi umum, yaitu bis, karena MTsN 5 Blitar berada tepat di perbatasan dua kabupaten ‘terbesar’ di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang.

Perjalanan MTsN 5 Blitar untuk menjadi lembaga pendidikan yang ‘mumpuni’ tidaklah mudah, melewati proses yang panjang. Berawal dari keinginan luhur pendiri madrasah kami yang begitu peduli tentang pentingnya pendidikan bagi generasi bangsa sebagai penerus para pendiri negara Indonesia, pada tahun Lembaga Ma’arif yang diprakarsai oleh Bapak KH. Samsuri Hasan mendirikan sekolah yang bernafaskan Islam dengan tujuan untuk mencetak generasi yang cerdas dan agamis yaitu madrasah tsanawiyah yang setara dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP ). Dengan administrasi dan kurikulum yang disesuikan tuntunan / bimbingan dari Kantor Departeman Agama (sekarang Kementerian Agama) dan Dinas Kabupaten Bitar.

Seiring dengan perjalanan waktu Madrasah Tsanawiyah Ma’arif berkembang dengan pesat. Tahun 1996 oleh Yayasan Ma’arif, dengan seizin KH. Syamsuri Hasan sebagai ketua yayasan , Madrasah Tsanawiyah Ma’arif diusulkan ke Kantor Departemen Agama RI Pusat di Jakarta untuk dinegerikan dari MTs Ma’arif menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri ( MTs N ) Selorejo Blitar.

Setelah SK Penegerian terbit,  Madrasah Tsanawiyah Negeri Selorejo Blitar mulai aktif melaksanakan kegiatan pembelajaran dan menempati Gedung Yayasan Ma’arif Selorejo Blitar.  Pada periode tahun 2001-2002 MTsN 5 Blitar Blitar pindah lokasi dari Yayasan Ma’arif ke Jalan Raya Kembar Selorejo Blitar, pada tanggal 1 Desember 2001 sampai sekarang.

Tahun pertama (1997-2005) Kepala Sekolah MTsN 5 Blitar adalah Bpk. Imam Hanafi, BA (Alm), tahun 2005-2007 dikepalai oleh Drs. Boimin. Kemudian tahun 2007-2009 oleh Drs. Hadi Mukhlison, M. Pd. . Tahun pelajaran 2009-2016 oleh Drs. Muh. Fakih Hudin, MA. Tahun pelajaran 2016 tampuk pimpinan MTsN 5 Blitar dipimpin oleh Ibu Dra. Ilmiah dan saat ini masih dijabat oleh beliau.

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Visi dan Misi

VISI DAN MISI   VISI Terbentuknya madrasah tsanawiyah negeri yang Islami, unggul prestasi, berakhlakul karimah dan berwawasan lingkungan. MISI Menumbuhkembangkan sikap d

24/06/2021 10:18 - Oleh Agus wahyu Arifiono - Dilihat 73 kali